Posisi Anda : Home » Pendidikan » Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013)
Kategori: Pendidikan
Rp. 61.000
Rp. 54.900
 
Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013)

Penulis : Drs. Daryanto

Ukuran : 16 x 23 cm

Tebal : x + 226 hlm

ISBN : 978-602-7869-51-6


Deskripsi :

Pembelajaran tematik merupakan implementasi dari pembelajaran berbasis kompetensi. Hasil yang diharapkan yakni agar proses belajar siswa lebih nyata dan bermakna. Siswa lebih mandiri, berdaya, dan mampu memecahkan masalah hidup yang dihadapi. Proses belajar yang berdaya, diharapkan mampu mengimbangi kebutuhan nyata dan perubahan dunia yang terjadi dengan pesat. Pendekatan kompetensi dilakukan dalam rangka mengubah arah pandangan dan pola dari ’anak tahu apa’ ke arah ’anak mampu apa’. Pada intinya pembelajaran tematik merupakan suatu usaha untuk mengintegrasikan pengetahuan, ketrampilan, nilai, atau sikap pembelajaran, serta pemikiran yang kreatif dengan menggunakan tema. Jadi Pembelajaran tematik merupakan suatu strategi pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa. Keterpaduan dalam pembelajaran tersebut dapat dilihat dari aspek proses, kurikulum, dan belajar mengajar. Pembelajaran Terpadu merupakan model pembelajaran yang mencoba untuk memadukan beberapa pokok bahasan. Model-Model Pembelajaran Terpadu

  1. Model Fragmented Pembelajaran konvensional yang memisahkan disiplin ilmu atas beberapa materi pelajaran, tanpa adanya usaha untuk mengintegrasikan materi pelajaran.
  2. Model Connected Materi pelajaran tertentu dapat disatukan pada induk materi pelajaran tertentu sehingga menjadi keutuhan dalam membentuk kemampuan dan menata butir-butir pembelajaran dan proses pembelajaran secara terpadu.
  3. Model Nested Pemaduan berbagai bentuk penguasaan konsep keterampilan melalui sebuah kegiatan dengan mengembangkan daya imajinasi dan berfikir logis untuk menunjukan bentuk kemampuan keterampilan tertentu.
  4. Model Sequenced Model pemaduan topik-topik antar pelajaran yang berbeda secara paralel dengan cara mengajarkan materi yang memiliki kesamaan dalam upaya mengutuhkan materi tersebut.
  5. Model Shared Pemaduan pembelajaran akibat adanya “overlapping” konsep atau ide pada dua materi pelajaran atau lebih sehingga menjadi konsep yang utuh yang dapat menuntun siswa dalam membuka wawasan dan cara berfikir yang luas dan mendalam melalui pemahaman terhadap konsep secara lintas disiplin ilmu.
  6. Model Webbed Kegiatan pembelajaran yang memiliki keterkaitan materi yang secara metodologis dapat dipadukan dengan memilih dan memilah tema/pokok bahasan.
Buku Lainnya
Rp. 57.000
Rp. 51.300