Posisi Anda : Home » Ekonomi, Bisnis & Akuntansi » DASAR-DASAR PERBANKAN SYARIAH
Rp. 65.000
 
DASAR-DASAR PERBANKAN SYARIAH
Penulis : Ikit, S.E., M.E.I
Ukuran : 16 x 23 cm
Tebal : xii + 212 Halaman
ISBN : ---
Tahun : 2024
Harga : Rp. 65.000,- (Pulau Jawa)

Sinopsis:

Bank syariah beroperasional berdasarkan prinsip syariah. Prinsip syariah merupakan prinsip yang berlandaskan hukum islam (al-quran dan hadis). Dalam kurun waktu 2 dekade ini bank syariah mengalami perkembangan yang sangat baik. Perkembangan bank syariah ini tidak lepas dari dukungan dan peran pemerintah.

Pemerintah memiliki peran yang sangat strategis dalam pengembangan Bank Syariah. Pada tanggal 2 Juli 2020 pemerintah melalui Menteri BUMN berencana menggabungkan bank syariah milik Badan Usaha Milik Negara yang terdiri dari BRI Syariah, BNI Syariah, BTN Syariah, dan Mandiri Syariah. Selanjutnya pada bulan Oktober 2020, pemerintah secara resmi mengumumkan rencana merger bank syariah dari tiga bank yaitu Mandiri Syariah, BNI Syariah dan BRI Syariah. Tepatnya pada tanggal 27 Januari 2021 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi mengeluarkan izin merger ketiga bank syariah (Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRI Syariah) menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan terbitnya surat Nomor SR-3/PB.1/2021. Tanggal 1 Februari 2021, Presiden Jokowi meresmikan PT. Bank Syariah Indonesia Tbk. Keberadaan Bank Syariah Indonesia (BSI) menjadi bukti dukungan pemerintah dan diharapkan dapat meningkatkan pasar keuangan syariah Indonesia.

Buku dasar-dasar perbankan syariah ini dapat dijadikan referensi bagi mahasiswa, praktisi dan masyarakat umum untuk mengenal ruang lingkup bank syariah, sejarah bank syariah, produk-produk bank syariah, konsep akad, pembiayaan di bank syariah, riba, bunga, dewan pengawas syariah dan transaksi-transaksi yang dilarang di bank syariah.

Buku Lainnya